Tentang IDRI

Apa itu IDRI?

Perkumpulan Ikatan Dosen RI atau IDRI adalah organisasi profesi dosen di Republik Indonesia sebagai akselerasi terwujudnya kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi.

IDRI merupakan organisasi yang mengayomi dan terbuka untuk seluruh dosen diseluruh wilayah RI.

IDRI melalui akte pendirian 4 Maret 2017 mendapatkan legalitas di kementerian Hukum dan HAM dengan nomor SK Nomor AHU-0005003.AH.01.07.Tahun 2017.

Sejarah Singkat IDRI

Sejarah Ikatan Dosen Republik Indonesia (IDRI) Ikatan Dosen Republik Indonesia (IDRI) bermula dari Forum Dosen Muda Indonesia (FDMI) yang dibentuk pada tanggal 26 Maret 2015 oleh dosen muda indonesia yang sedang melaksanakan studi S3 di Institut Teknologi Bandung (ITB), yang ingin belajar meningkatkan produktivitas dosen melalui kegiatan-kegiatan ilmiah.

Komunitas IDRI mula-mula dihimpun dari seluruh Indonesia melalui grup Forum Dosen Muda Indonesia yang menjadi sarana untuk berbagi informasi tentang pelaksanaan kegiatan kegiatan ilmiah, berbagi pengalaman tentang cara mengembangkan karir dosen serta bertukar pikiran tentang permasalahan yang dihadapi dosen.
 
FDMI berkembang menjadi Ikatan Dosen Republik Indonesia (IDRI) guna mengakomodir seluruh dosen Indonesia tanpa batasan usia, berdasarkan kesepakatan Rapat Badan Pendiri pada hari Senin tanggal 21 September 2015 pada pukul 14.00 WIB di Kota Bandung, dihadapan Notaris RR. Dewi Setyo Anggraini, S.H., M.Kn., Notaris di Kota Bandung dengan Wilayah Jabatan Propinsi Jawa Barat, dengan dihadiri saksi-saksi anggota badan Pendiri:
  • Dr. Armstrong F. Sompotan, S.Si., M.Si. (Dosen Universitas Negeri Manado),
  • Dr. Dwiza Riana, S.Si., MM., M.Kom. (Dosen STMIK Nusa Mandiri Jakarta),
  • Dr. HJ. Diah Kusumawaty, S.Si., M.Si., (Dosen Universitas Pendidikan Indonesia),
  • Dr. Efri Mardawati (Dosen Universitas Padjadjaran Bandung),
  • Dr. Kustiati (Dosen Universitas Tanjungpura Pontianak),
  • Dr. Kasbawati (Dosen Universitas Hasannudin Makasar),
  • Dr. Riries Rulaningtyas (Dosen Universitas Airlangga Surabaya),
  • Dr. Arief Budi Yulianti (Dosen Universitas Islam Bandung),
  • Dr.(c) Muliadi, S.Si, M.Si. (Dosen Universitas Tanjungpura Pontianak),
  • Dr. Keukeu Kaniawati Rosada, S.Si, M.Si. (Dosen Universitas Padjadjaran Bandung).
IDRI dibentuk untuk mempermudah serta mempercepat pelaksanaan Undang-undang yang telah mengakui kedudukan dosen sebagai tenaga profesional, lewat kegiatan-kegiatan ilmiah seperti; Seminar & Konferensi Ilmiah, Publikasi Jurnal Ilmiah, Penerbitan Buku Ilmiah dan Pelatihan / Workshop kegiatan Ilmiah yang bisa meningkatkan produktivitas dosen, untuk membantu meningkatkan kompetensi dosen, memajukan profesi serta karier dosen, guna mengangkat martabat dosen, memperjuangkan hak dan kewajiban dosen, serta mengurangi kesenjangan kesejahteraan dosen antar Perguruan Tinggi dan antar Kementerian dengan memberikan perlindungan hukum dan perlindungan profesi bagi dosen Indonesia.
 
IDRI dideklarasikan pada hari Selasa, 29 September 2015 di Gedung Rektorat Lantai 10 Universitas Trunojoyo Madura, Jalan Raya Kamal PO BOX 02 Kamal-Bangkalan Madura. Dewan Pengawas Dr. Rachmad Hidayat (Dekan FT UTM)